Monday, January 23, 2012

Tips Olahraga Sehat Bagi Penderita Jantung

olah raga

Tips Olahraga Sehat Bagi Penderita Jantung
Melakukan gerak badan secara teratur banyak disarankan untuk mengurangi penyakit kardiovaskular. Namun, tidak sedikit orang yang justru terkena serangan jantung setelah berolahraga. Serangan jantung yang timbul usai berolahraga itu, menurut dr.Grace Tumbelaka, Sp.OK, biasanya terjadi pada orang yang punya risiko penyakit jantung atau pada mereka yang jantungnya tidak terlatih namun nekat berolahraga.
Untuk itu Tips Olahraga Sehat Bagi Penderita Jantung sangat di perlukan pilihlah olah raga yang santai, ritmik dan gradual sifatnya. Apabila Anda sudah lama tidak berolahraga, mulailah berolahraga secara bertahap.
• Ikuti aktivitas kebugaran, seperti berjalan kaki dan berenang, berbeda dengan olahraga yang bersifat kompetisi seperti tenis.
• Tunggu 2 atau 3 jam sesudah makan kenyang baru berolahraga. Bila hanya sarapan, tunggu 1-2 jam sebelum berolahraga. Juga hindarkan mandi seketika sesudah atau sebelum selesai berolahraga.
• Pakai pakaian yang sesuai, enteng, seperti sepatu yang cocok. Pakailah pakaian berlapis dan bila terasa panas diganti. berenang atau bersepeda santai minimal 30 menit sehari selama minimal 5 hari dalam seminggu.
• Aktivitas yang melibatkan banyak otot. Semakin banyak otot yang terlibat dalam suatu aktivitas, jantung akan bekerja semakin keras, sehingga jantung juga akan semakin kuat. Olahraga seperti mendayung, berenang, cross country, ski dan berjalan dengan tongkat merupakan contoh aktivitas yang melibatkan banyak otot tanpa mencederai otot. Anda bisa menambah interval atau jeda untuk memaksimalkan manfaat.
• Latihan beban. Ini merupakan salah satu bentuk latihan interval. Anda meningkatkan detak jantung selama melakukan pengulangan dan kembali melakukan pemulihan di antara set.
• Latihan yang menguatkan otot perut. Anda bisa mencoba pilates. Olahraga ini, terang Agatston, berfungsi menguatkan otot-otot perut serta meningkatkan kelenturan dan keseimbangan. Yoga. Yoga membuat Anda rileks, sehingga menurunkan tekanan darah, membuat pembuluh darah lebih lentur dan memperbaiki kesehatan jantung. Selain itu, yoga juga menguatkan otot perut.
• Aktif sepanjang hari. Orang yang aktif sepanjang hari (misalnya dengan membersihkan rumah, berkebun, atau mengerjakan tugas lainnya) membakar lebih banyak kalori dan secara umum lebih sehat dibandingkan mereka yang berolahraga selama 30 hingga 60 menit dan sisanya duduk di depan komputer.
Bagi anda penderita penyakit jantung ini, harap diingat: Salah memilih bentuk olahraga, bukannya baik, malah membahayakan, seperti:
• Jangan berolahraga dalam cuaca sangat panas atau sangat dingin, berangin, kelembaban yang tinggi, polusi berat, atau di pegunungan.
• Jangan berolahraga bila anda demam atau merasa tidak enak badan. Lari jarak jauh. Manusia, terang Agatston, tidak didisain untuk bekerja keras terlalu lama.”Meskipun bisa menguatkan jantung, cara ini akan membuat tubuh nyeri dan sakit,” terang Agatston, seperti dikutip situs prevention.com.
• Semua jenis olahraga intensitas kuat yang belum pernah Anda coba sebelumnya. Jenis ini mulai dari menggali tanah hingga bersepeda dengan jarak sekitar 32 km. Kelebihan adrenalin yang dilepaskan justru bisa memicu serangan jantung pada mereka yang berisiko. Selain itu, pastikan melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum mulai berolahraga. Olahraga tanpa pemanasan juga bisa memciu pelepasan adrenalin berlebih.
Kebiasaan berpola hidup sehat mempunyai banyak pengaruh pada penyakit jantung . Untuk mengoptimalkan manfaat dari latihan-latihan olahraga dalam usaha kita untuk menanggulangi penyakit jantung ini, lakukan latihan dengan takaran yang cukup. Latihan-latihan olahraga pun harus dilakukan secara berkelanjutan. Olahraga memang kontrak seumur hidup, sebagaimana komitmen menjaga kesehatan selama seumur hidup dan cegah penyakit jantung ini. memang kopi dapat mencegah serangan jantung ini tetapi kita juga membutuhkan obat penyakit jantung yaitu dengan mengkonsumsi jelly gamat. obat penyakit jantung ini terbuat dari teripang sehingga tidak menimbulkan efek samping. Info lebih lanjut mengenai obat penyakit jantung, klik disiniTips Olahraga Sehat Bagi Penderita Jantung.
Sumber: http://penyakitjantung.acepsuherman.com/obat/tips-olahraga-sehat-bagi-penderita-jantung/

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More