Saturday, December 31, 2011

Tips Agar Anak Bisa Tidur Pulas



Tidur tak hanya sekedar istirahat bagi si kecil tetapi memiliki manfaat besar lainnya terutama bagi proses tumbuh kembangnya. Tidur yang cukup akan membantu proses metabolisme tubuh sehingga pertumbuhan bayi menjadi lebih terpacu.
Kualitas tidur bayi akan mempengaruhi pertambahan berat badan, tinggi badan dan kesehatan fisiknya. Bayi dengan tidur yang cukup juga akan memiliki daya tahan tubuh yang baik pula. Sebaliknya bayi yang kurang tidur umumnya menjadi rewel, cengeng dan sulit diatur.
Untuk itu beberapa tips berikut dapat ayah dan bunda coba terapkan agar buah hati tercinta dapat tidur dengan pulas:
• Pelajari tanda-tanda bahwa ia sudah lelah, misalkan menggosok-gosok matanya, menarik-narik telinganya atau samar-samar terlihat lingkaran gelap di bawah matanya.
• Tetapkan jam tidurnya, bila ia memang sudah terlihat lelah jangan ditunda-tunda untuk menidurkannya, karena bayi sangat lelah justru akan lebih sulit tertidur.
• Gunakan ruangan yang remang-remang, suasana yang demikian dapat membantu bayi-bayi yang sensitif untuk bisa tidur lebih lama tanpa banyak terbangun di malam hari.
• Usahakan untuk menidurkan si kecil di tempat yang sama, hal ini akan membantu si kecil untuk belajar mengasosiasikan tempat tidur dengan waktu tidurnya.
• Upayakan ia dalam keadaan kenyang, kondisi lapar akan membuat si kecil sulit tidur atau sering terbangun, maka susuilah dia minimal setiap 3 jam sekali.
• Buatlah suasana tidur menjadi sesuatu hal yang menyenangkan, hal ini dapat diupayakan dengan memutar lagu-lagu lembut menjelang dan atau selama ia tidur.
• Pilihkan baju yang nyaman, baju yang berbahan tipis serta mudah menyerap keringat akan lebih menguntungkan agar si kecil tidak kepanasan saat tidur.
• Bantu si kecil untuk berelaksasi sebelum tidur, hal ini dapat dilakukan misalnya dengan melakukan pijatan ringan pada tubuh bayi ataupun memberikan tepukan-tepukan halus di pantatnya sehingga akan membuat si kecil merasa nyaman dan mudah terlelap.
Semoga penjelasan dan sedikit tips yang telah saya share dapat memberikan manfaat untuk kita semua dalam mengoptimalkan tumbuh kembang buah hati tercinta.
Sumber: Koran Radar Cirebon Rubrik Visita Oleh Dr. Lucia Dewi Puspitasari
Source: http://www.tanyaibnu.com/tips-agar-anak-bisa-tidur-pulas/

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More